Loading...

Himbauan

Katarak

Operasi Katarak Gratis Sido Muncul

sejak 2011

54.000 penderita katarak

211 kota/kabupaten

27 provinsi

242 rumah sakit/klinik mata

Katarak merupakan perubahan yang terjadi pada lensa mata yang seharusnya jernih dan tembus cahaya kemudian menjadi keruh. Katarak tidak terjadi secara tiba-tiba, akan tetapi sebagian besar dari katarak ini disebabkan proses penuaan pada usia diatas 40 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa katarak bisa terjadi pada bayi (faktor keturunan).

Katarak dapat menimbulkan beragam aktibat, tergantung pada tingkat kekeruhannya. Beberapa faktor yang mengakibatkan katarak antara lain adanya peradangan, diabetes, trauma (kecelakaan) pada mata, kelainan bawaan (kongential), serta kurang gizi (zat anti oksidan). Ada pun akibat yang ditimbulkan, seperti penglihatan mulai kabur, penglihatan ganda, ukuran lensa pada kacamata cepat berubah, dan penglihatan siang pun lebih kabur dibandingkan malam hari.

Di Indonesia, jumlah penderita katarak masih tergolong tinggi terutama dari golongan masyarakat kurang mampu. Ketidaktahuan masyarakat bahwa katarak bisa sembuh dengan operasi dan ketiadaan biaya untuk pengobatan, membuat jumlah penderita katarak meningkat setiap tahunnya.

Menurut data dari Riskesdar 2013, penderita katarak di Indonesia mencapai 1,8% dari populasi masyarakat. Hal ini menjadikan Indonesia adalah negeri dengan angka kebutaan karena katarak tertinggi se-Asia Tenggara. Kemenkes 2014 menyatakan perkiraan insiden katarak adalah 0,1% pertahun atau terdapat 1.000 penderita katarak setiap tahunnya.

Berangkat dari permasalahan ini, sejak 2011 Sido Muncul konsisten menyelenggarakan Operasi Katarak Gratis bagi masyarakat kurang mampu di seluruh Indonesia. Kegiatan ini pertama kali diresmikan oleh Wakil Presiden RI ke-11 Budiyono pada 15 Januari 2011. Terhitung sejak 2011 hingga saat ini, Sido Muncul telah mengoperasi 54.000 penderita katarak yang tersebar di 27 provinsi, 211 kota/kabupaten, di 242 rumah sakit/klinik mata dari seluruh Indonesia.

Selama sembilan tahun pelaksanaan Operasi Katarak Gratis, Sido Muncul menggandeng Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) sebagai mitra utama dalam menyiapkan tenaga medis. Selain itu, Sido Muncul juga menggandeng berbagai rumah sakit dan klinik mata di Indonesia sebagai penyedia ruangan operasi serta fasilitas penunjang lainnya. Sedangkan untuk mengumpulkan pasien, Sido Muncul bekerja sama dengan Instansi Pemerintah, TNI, Polri, Instansi Pendidikan, Organisasi Keagamaan, hingga Media Nasional.