Loading...

Himbauan

pengembangan masyarakat

desa wisata buah dan rempah

Program Corporate Social Responsibility (CSR) Sido Muncul yang ingin menekankan kepada aspek Pengembangan Masyarakat memunculkan ide program “Desa Wisata.”

Desa Bergas Kidul dan Desa Diwak merupakan salah satu dari lima desa yang dipetakan kedalam Ring 1 dengan desa Ngempon, Karangjati dan Klepu. Wilayah Ring 1 merupakan wilayah program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Sido Muncul yang letaknya paling dekat dengan perusahaan.

Wilayah Ring 1 perusahaan memiliki potensi wisata yang dapat diintegrasikan menjadi satu kawasan wisata. Hal ini sejalan dengan salah satu program wisata edukasi dimana Sido Muncul menerima lebih dari 5000 tamu pengunjung tiap bulannya. Dalam tahap percontohan awal, dipilih Desa Bergas Kidul dan Diwak sebagai penerima manfaat program.

Ceremony Desa Wisata Buah

Program tersebut didukung oleh beberapa Stakeholder antara lain pemerintah desa yang memiliki otoritas di Desa Diwak, Kementrian Pertanian dan Tim Konsultan dari @Glow. Pelaksanaan program pada tahun 2016 diawali dengan pembagian 1.800 bibit alpukat kepada masyarakat Desa Bergas Kidul sejumlah 62 orang. Jenis bibit alpukat yang diberikan adalah varietas lokal yaitu Alpukat Wina. Perkembangan tersebut sangat baik karena bibit yang tumbuh mencapai 70%. Sedangkan di Desa Diwak dibagikan 300 bibit durian kepada masyarakat Desa Diwak sejumlah 33 orang. Jenis bibit durian yang diberikan adalah varietas lokal yaitu Durian Bawor, Durian Pelangi, dan Durian Matahari.

Penanaman Bibit Alpukat

Selain melakukan monitoring tanaman durian, Sido Muncul kembali membuat pelatihan di Desa Bergas Kidul dan Diwak untuk menunjang perekonomian masyarakat seiring dengan pertumbuhan durian dan alpukat menuju umur produktifnya. Pelatihan tersebut ditujukan untuk Ibu PKK dalam bentuk belajar pembuatan makanan ringan. Harapannya selain kelompok tani, kelompok PKK juga dapat merasakan manfaat dari program yang dilakukan oleh Sido Muncul. Pada tahun 2020, hasil olahan Desa Bergas Kidul dengan brand “Mbok Jajan” dibawah binaan Sido Muncul sudah mampu meningkatkan penjualan makanannya.

Pelatihan Kapasitas SDM di Desa Gudangharjo

Selain “Desa Wisata Buah” pada tanggal 11 Maret 2016 Sido Muncul kembali melaksanakan program “Desa Rempah” untuk pembinaan dan pendampingan budidaya tanaman Cabe Jawa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa Cabe Jawa dari Kecamatan Paranggupito memiliki kadar piperin yang cukup kuat sehingga program pengembangannya tentunya dilakukan secara in-situ di Desa Gudangharjo Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Kegiatan CSR dari Sido Muncul untuk pemberdayaan dalam kegiatan pertanian lainnya di masyarakat di Desa Gudangharjo juga dengan memberikan 1.000 bibit pohon sukun dan 2.000 bibit pohon jeruk siam.

Saat ini program pembinaan ini masih terus dilakukan secara rutin dengan melakukan monitoring serta terus berupaya untuk melakukan program baru yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Gudangharjo salah satunya adalah pelatihan pembuatan kerajinan dan gula semut untuk ibu PKK. Seiring dengan terus berkembangnya program, kerja sama juga terus dilakukan untuk menyediakan pasar bagi petani di Desa Gudangharjo melalui Kelompok Tani Serba Mulia.