Loading...

Himbauan

Rantai Pasok Perusahaan

Rantai pasok menggambarkan rangkaian interaksi kegiatan operasional Perseroan dengan kegiatan para pemasok pada setiap tahapan operasional signifikan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam memberi dukungan berupa penyediaan barang maupun jasa secara rutin untuk digunakan Perseroan dalam menyediakan produk untuk para pelanggan. Kualitas barang para pemasok berpengaruh signifikan terhadap kinerja dan reputasi Perseroan.

Sido Muncul menerapkan manajemen rantai pasok untuk memastikan bahwa barang dan jasa yang berasal dari pemasok telah memenuhi standar spesifikasi dan kualitas yang dipersyaratkan sehingga dapat menghasilkan produk terbaik untuk pelanggan secara konsisten. Pengelolaan rantai pasok yang baik berkontribusi terhadap efisiensi biaya.

Klik untuk memperbesar

Jenis Material Utama

Material utama yang digunakan untuk menghasilkan produk Perseroan adalah:

  1. Bahan baku simplisia (kunyit, adas, cengkeh, dan lainlain)
  2. Bahan baku non-simplisia (susu, gula, vitamin, dan lain-lain
  3. Kemasan (plastik, dus, alumunium foil, dan lain-lain)
  4. PBarang umum (alat tulis, alat laboratorium, kursi, meja, dan lain-lain)
  5. Suku cadang mesin dan mesin.
Bahan Baku 100% Dari Pemasok Lokal

Industri jamu dan obat herbal merupakan salah satu dari sedikit industri yang menggunakan bahan baku asli Indonesia. Berbagai jenis tanaman obat tersedia berlimpah di bumi Indonesia. Terdapat sekitar 30 ribu jenis tanaman rempah di mana 350 jenis di antaranya telah sejak lama dikenal dan dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan jamu dan obat herbal. Saat ini baru sekitar 500 bahan obat herbal yang telah mendapat izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Penggunaan bahan baku dari pemasok lokal memberikan banyak keuntungan seperti waktu pengiriman dan kemudahan dalam memantau kualitas bahan baku sejak dari lokasi pemasok. Di sisi lain, kegiatan usaha Sido Muncul telah memberikan dampak ekonomi bagi kelompok masyarakat, termasuk usaha kecil dan menengah, kaum perempuan dan kelompok marjinal sebagai bagian dari pemasok bahan baku bagi Perseroan.

Untuk menjamin kontinuitas volume dan kualitas bahan baku (simplisia) yang berasal dari produk pertanian, Sido Muncul menjalin hubungan kemitraan dengan para petani rempah yang menjadi bagian dari rantai pasok Perseroan. Sido Muncul membina dan mendampingi para petani rempah untuk memitigasi risiko volatilitas pada rantai pasokan bahan baku demi kesinambungan usaha jangka panjang.

Bahan baku simplisia seperti kunyit, temulawak, jahe dan lain-lain diperoleh dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Nusa Tenggara Barat, dan Papua. Sedangkan bahan baku non-simplisia selain diperoleh melalui impor juga berasal dari pemasok lokal di daerah Jawa dan Lampung.

Untuk bahan baku simplisia dan non-simplisia tertentu yang tidak tersedia di Indonesia seperti ginseng merah, vitamin, krimer, taurin, citrid acid, sodium bikarbonat dan lain-lain diimpor melalui perusahaan trading sedangkan untuk flavor sudah tersedia dari hasil produksi dalam negeri meskipun bahan baku flavor yang digunakan sebagian masih merupakan material impor seperti Chocolate Swiss, Luxarom dan lain lain.

Penilaian Pemasok

Untuk menjamin konsistensi kualitas barang dan jasa yang dipasok, Sido Muncul memiliki prosedur standar penilaian, audit dan pembinaan pemasok.

Pembinaan pemasok terutama dilakukan terhadap pemasok simplisia dengan melakukan kunjungan rutin ke lapangan. Perseroan melakukan audit secara sampling atas pemasok bahan baku simplisia, non-simplisia dan material kemasan. Hasil audit diinformasikan kepada pemasok untuk ditindaklanjuti. Evaluasi dilakukan setiap tahun terhadap seluruh pemasok. Hasil evaluasi disampaikan kepada pemasok dan menjadi dasar untuk menentukan kelanjutan hubungan kerja sama.

Perhatian Utama Dan Harapan Terkait Pemasok:
  1. Proses pengadaan yang adil dan transparan
  2. Seleksi dan evaluasi secara obyektif dalam pemilihan pemasok
  3. Prosedur administrasi pengadaan yang akurat dan sederhana
  4. Penyelesaian pembayaran produk dan jasa yang tepat waktu
  5. Hubungan yang bertumbuh dan saling menguntungkan
Diagram Alir Prosedur Seleksi, Evaluasi dan Audit Pemasok

Klik untuk memperbesar