Loading...

Himbauan

Kode Etik

Pedoman Dan Kode Etik Karyawan

PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Perseroan)

Perseroan menyadari pentingnya suatu Pedoman dan Kode Etik dalam pelaksanaan kegiatan operasional Perseroan. Oleh sebab itu, Perseroan menyusun Pedoman dan Kode Etik yang akan menjadi pedoman berperilaku bagi seluruh jajaran dalam melakukan interaksi dan hubungan dengan segenap pemangku kepentingan. Selain itu, adanya Pedoman dan Kode Etik diharapkan dapat menghindari terjadinya penyimpangan terhadap standar perilaku yang ditetapkan dan menjadi pedoman dalam mendeteksi pelanggaran yang terjadi. Kepatuhan terhadap Pedoman dan Kode Etik akan menghindari timbulnya hubungan yang tidak wajar dengan para pemangku kepentingan yang akan merugikan Perseroan.

Pedoman dan Kode Etik Karyawan adalah sistem nilai yang dianut oleh Perseroan sebagai acuan karyawan dalam berhubungan dengan pihak internal maupun eksternal, yaitu dengan mitra usaha, sesama karyawan, pelanggan, pesaing, pemasok, pemegang saham, investor, penyelenggara negara, masyarakat, media masa.

Penyusunan Pedoman Dan Kode Etik merupakan amanat Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 33/POJK.04/2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik, secara khusus diatur dalam Bab IV mengenai Pedoman dan Kode Etik dengan tetap memperhatikan ketentuan Anggaran Dasar Perseroan, Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan peraturan di bidang Pasar Modal serta Perjanjian Kerja Bersama/Peraturan Perusahaan.

Perseroan, Direksi, Jajaran Manajemen dan Seluruh Karyawan :

  1. Melaksanakan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance/GCG) yaitu Transparansi (Transparency), Akuntabilitas (Accountability), Tanggung jawab (Responsibility), Kemandirian (Independency), dan Kewajaran (Fairness).
  2. Mengembangkan sikap dan perilaku yang baik sesuai dengan standar etika.
  3. Mengupayakan peningkatan nilai pemegang saham (shareholder) serta melindungi hak – hak stakeholder lainnya.
  4. Menghindari benturan kepentingan (conflict of interest) seperti melakukan transaksi orang dalam (insider trading)
  5. Tidak memberi atau menerima imbalan dari pihak yang bertransaksi atau berkepentingan.
  6. Menjaga keamanan dan kerahasiaan serta membatasi akses dari pihak yang tidak berkepentingan atas data atau informasi perusahaan.
  7. Melindungi dan tidak menyalahgunakan asset-asset milik perusahaan.
  8. Mencegah segala bentuk konflik kepentingan yang terkait dengan kepentingan perusahaan.

Dalam melaksanakan hubungan kerja dengan karyawan; Perseroan, Direksi dan Jajaran Manajemen:

  1. Menghormati Hak Asasi Manusia (HAM) secara universal serta hak dan kewajiban karyawan berdasarkan perundangan yang berlaku.
  2. Memberikan kesempatan yang sama kepada karyawan tanpa membedakan senioritas, gender, suku, agama, ras dan antar golongan.
  3. Memberlakukan karyawan sebagai mitra yang berharga karena itu perlu dihargai dan ditingkatkan kompetensi dan karakternya.
  4. Membangun suasana keterbukaan dan komunikasi dua arah kepada karyawan.
  5. Memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi.
  6. Saling mendukung dan membantu agar tercapai hasil kerja yang maksimal.

Dalam menjalin kerjasama dengan mitra usaha (pemasok, distributor, kreditur bank atau lainnya); Perseroan, Direksi, Jajaran Manajemen dan Seluruh Karyawan mendasarkan pada:

  1. Kesetaraan dan saling percaya (mutual trust) tidak membedakan suku, agama, ras dan antara golongan.
  2. Berpedoman pada peraturan perundangan yang berlaku.
  3. Tidak mempunyai benturan kepentingan dengan menghindari mitra bisnis yang mempunyai hubungan keluarga dengan pengambilan keputusan.
  4. Tidak memberi atau menerima imbalan ke dan dari mitra usaha, baik langsung maupun tidak langsung.
  5. Menuangkan setiap kesepakatan ke dalam dokumen tertulis yang disusun berdasarkan itikad baik dan saling menguntungkan.
  6. Pemilihan mitra usaha berdasarkan pada profesionalisme, prinsip keselarasan nilai – nilai dan QCDSM (Quality, Cost, Delivery, Safety, Moral)
  7. Diupayakan pemberdayaan bagi mitra usaha kecil dan menengah.

Dalam berinteraksi dengan Pelanggan; Perseroan, Direksi dan Jajaran Manajemen dan Seluruh Karyawan :

  1. Menghormati hak – hak pelanggan sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.
  2. Memenuhi komitmennya dari segi harga, kualitas, waktu pengiriman, maupun jaminan produk sesuai dengan standar yang berlaku.
  3. Memberikan layanan yang sama kepada semua pelanggan.
  4. Tidak diperkenankan memberi atau menerima segala bentuk imbalan, baik langsung maupun tidak langsung.
  5. Menjaga kerahasiaan informasi mengenai pelanggan.
  6. Mengacu pada etika publikasi dan peraturan perundangan yang berlaku.

Dalam menghadapi pesaing; Perseroan, Direksi dan Jajaran Manajemen dan Seluruh Karyawan:

  1. Menjaga persaingan yang adil, sehat dan transparan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
  2. Tidak bekerjasama dengan pesaing yang dapat merugikan pelanggan dan atau mengarah pada praktek – praktek monopoli.
  3. Tidak mendiskreditkan pesaing, baik dalam kegiatan pemasaran, promosi atau periklanan.
  4. Dalam mencari informasi mengenai pesaing tidak melanggar peraturan perundangan yang berlaku.
  5. Tidak diperkenankan masuk ke dalam kepemilikan atau kepengurusan perusahaan pesaing.

Dalam segala bentuk interaksi dengan Pemegang Saham; Perseroan, Direksi dan Jajaran Manajemen dan Seluruh Karyawan:

  1. Memperlakukan Pemegang Saham sesuai dengan Anggaran Dasar Perseroan dan Peraturan Perundangan-undangan yang berlaku.
  2. Memberikan kinerja optimal dan menjaga citra yang baik untuk meningkatkan nilai bagi pemegang saham.
  3. Memegang teguh peraturan perundangan-undangan yang berlaku mengenai ‘informasi orang dalam’ (insider information) terhadap permintaan akses atas informasi tertentu yang sensitif dan atau bersifat rahasia.

Dalam berinteraksi dengan investor termasuk analis dan fund manager; Perseroan, Direksi dan Jajaran Manajemen dan Seluruh Karyawan:

  1. Memberikan informasi yang aktual, akurat dan prospektif.
  2. Menerapkan asas perlakuan yang seimbang dalam penyediaan informasi yang diperlukan.
  3. Tidak melakukan kegiatan di pasar modal yang bertujuan merugikan atau menguntungkan investor dan atau pemegang saham tertentu.

Dalam berinteraksi dengan Penyelenggara Negara (institusi pelaksana kenegaraan beserta aparaturnya yang meliputi legislatif, eksekutif, yudikatif dan lembaga lainnya, baik di tingkat pusat maupun daerah); Perseroan, Direksi dan Jajaran Manajemen dan Seluruh Karyawan:

  1. Menjalin hubungan yang harmonis dan konstruktif atas dasar kejujuran dan saling menghormati.
  2. Berupaya mendukung program nasional dan regional, khususnya di bidang pendidikan, sosial, ekonomi dan budaya.
  3. Bersikap netral atau tidak berpihak kepada kepentingan politik apapun.

Dalam berinteraksi dengan masyarakat; Perseroan, Direksi dan Jajaran Manajemen dan Seluruh Karyawan:

  1. Turut serta memelihara lingkungan hidup yang bersih dan sehat di sekitar perusahaan.
  2. Membangun dan membina hubungan yang serasi dan harmonis serta berupaya memberi manfaat melalui program pemberdayaan khususnya masyarakat sekitar perusahaan
  3. Menghormati Hak Asasi Manusia (HAM) serta aspek sosial, budaya, adat-istiadat, kesantunan, keyakinan dan agama, khususnya masyarakat sekitar perusahaan.

Dalam berinteraksi dengan media masa; Perseroan, Direksi, Jajaran Manajemen dan Seluruh Karyawan:

  1. Perseroan berpegang pada kebenaran dan keterbukaan informasi sesuai dengan kode etik jurnalistik dan perundangan yang berlaku serta dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Perusahaan menempatkan media massa sebagai mitra usaha yang sejajar, karena itu perlu dibangun kerjasama positif, saling menghargai dan menguntungkan.
  3. Tidak diperkenankan memberi atau menerima segala bentuk imbalan, baik langsung maupun tidak langsung.



Semarang, 26 Juni 2020