Loading...

Komite Audit

Komposisi Komite Audit

Komposisi Komite Audit Perseroan terdiri 1 (satu) orang Komisaris Independen sebagai ketua merangkap anggota dan 2 (dua) orang pihak eksternal yang independen sebagai anggota yang telah memenuhi persyaratan independensi sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas jasa Keuangan Nomor 55/POJK.04/2015 tanggal 23 Desember 2015 tentang Pembentukan dan Pelaksanaan Kerja Komite Audit.

Pada tahun 2021 terjadi perubahan susunan Komite Audit berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisaris No. 002/ SM/SK-DEKOM/IV/2021 tanggal 29 April 2021. Perubahan tersebut telah dilaporkan ke OJK dengan surat Nomor: 008/ SM-CS/IV/2021 tanggal 29 April 2021.

Dengan demikian, komposisi Komite Audit per 31 Desember 2021 adalah sebagai berikut:

Jabatan Nama
Ketua Lindawati Gani
Anggota Dr. Timotius, AK., CA
Anggota merangkap Sekretaris Herwan, NG
Pernyataan Independensi

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, seluruh anggota Komite Audit berkomitmen untuk menjunjung tinggi prinsip GCG dengan bersikap objektif, profesional, dan independen. Komite Audit tidak akan mengambil keputusan di bawah tekanan dan intervensi dari pihak manapun dan menghindari setiap potensi benturan kepentingan. Seluruh anggota Komite Audit tidak memiliki hubungan afiliasi baik secara kekeluargaan maupun hubungan bisnis dengan anggota Dewan Komisaris, Direksi dan Pemegang Saham Utama dan/atau Pengendali.

Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit

Komite Audit telah memiliki Piagam Komite Audit sebagai pedoman dalam melaksanakan fungsinya. Ketentuan yang diatur di dalam Piagam Komite Audit adalah:

  1. Pembentukan dan tujuan,
  2. Komposisi, struktur dan keanggotaan,
  3. Tugas dan tanggung jawab,
  4. Kewenangan,
  5. Rapat,
  6. Pelaporan,
  7. Hubungan kerja,
  8. Penanganan pengaduan atau pelaporan dugaan pelanggaran terkait laporan keuangan, dan
  9. Penutup.
Tugas dan Tanggung Jawab

Dalam menjalankan fungsinya, Komite Audit memiliki tugas dan tanggung jawab paling sedikit meliputi:

  1. Menelaah informasi keuangan yang akan dikeluarkan Perusahaan kepada publik dan/atau pihak otoritas antara lain laporan keuangan, proyeksi, dan laporan lainnya terkait dengan informasi keuangan Perusahaan
  2. Menelaah ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan kegiatan Perseroan;
  3. Memberikan pendapat independen dalam hal terjadi perbedaan pendapat antara manajemen dan akuntan publik atas jasa yang diberikannya;
  4. Memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai penunjukan akuntan publik yang didasarkan pada independensi, ruang lingkup penugasan, dan imbalan jasa;
  5. Menelaah pelaksanaan pemeriksaan oleh auditor internal dan mengawasi pelaksanaan tindak lanjut oleh Direksi atas temuan auditor internal;
  6. Menelaah aktivitas pelaksanaan manajemen risiko yang dilakukan oleh Direksi, jika Perseroan tidak memiliki fungsi pemantau risiko di bawah Dewan Komisaris;
  7. Menelaah pengaduan yang berkaitan dengan proses akuntansi dan pelaporan keuangan Perseroan;
  8. Menelaah dan memberikan saran kepada Dewan Komisaris terkait dengan adanya potensi benturan kepentingan Perseroan;
  9. Menjaga kerahasiaan dokumen, data dan informasi Perseroan.
Kewenangan

Dalam melaksanakan tugasnya, Komite Audit mempunyai wewenang sebagai berikut:

  1. Mengakses dokumen, data, dan informasi Perusahaan tentang karyawan, dana, aset, dan sumber daya perusahaan yang diperlukan;
  2. Berkomunikasi langsung dengan karyawan, termasuk Direksi dan pihak yang menjalankan fungsi audit internal, manajemen risiko, dan Akuntan terkait tugas dan tanggung jawab Komite Audit;
  3. Melibatkan pihak independen di luar anggota Komite Audit yang diperlukan untuk membantu pelaksanaan tugasnya (jika diperlukan);
  4. Melakukan kewenangan lain yang diberikan oleh Dewan Komisaris.
Rapat Komite Audit

Pada tahun 2021, Komite Audit mengadakan 10 kali rapat yang dihadiri seluruh anggota Komite. Rapat Komite dapat mengundang pihak-pihak internal Perseroan termasuk Dewan Komisaris, Direksi atau fungsi lainnya, bila diperlukan. Tanggal dan agenda rapat Komite adalah sebagai berikut:

Tanggal Rapat Agenda Rapat Kehadiran Komite Rapat
1 Februari Rapat Komite Audit dengan Kantor Akuntan Publik 100%
19 April Review Laporan Keuangan triwulan 1 2021 100%
2 Juni
  1. Rencana Kerja Audit Internal Semester 2 2021
  2. Penguatan fungsi Audit Internal
  3. Review fungsi manajemen risiko
100%
15 Juli Review Laporan Keuangan triwulan 2 2021 100%
19 Juli
  1. Review proses bisnis Perseroan dan anak perusahaan
  2. Review prosedur transaksi afiliasi
100%
13 Agustus
  1. Pemaparan roadmap Internal Audit
  2. Review prosedur transaksi afiliasi
100%
14 Oktober Review Laporan Keuangan triwulan 3 2021 100%
19 Oktober
  1. Laporan Hasil Audit Internal periode Agustus-September 2021
  2. Laporan kegiatan audit internal yang masih dalam proses
100%
15 November Rapat Komite Audit dengan Kantor Akuntan Publik 100%
21 Desember
  1. Laporan Hasil Audit Internal periode Oktober-November 2021
  2. Laporan kegiatan audit internal yang masih dalam proses
  3. Pemaparan roadmap Internal Audit dan Rencana Audit Internal tahun 2022
100%
Ringkasan Laporan Kegiatan Komite Audit Tahun 2021

Sepanjang tahun 2021, Komite Audit telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan Piagam Komite Audit Perseroan. Tugas-tugas Komite Audit yang dilaksanakan pada tahun 2021 antara lain:

  1. Menelaah dan membahas laporan keuangan konsolidasian tahun 2020 dan laporan keuangan konsolidasian triwulanan dan semester 2021;
  2. Mengevaluasi kinerja akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik yang mengaudit Laporan Keuangan tahunan Perseroan tahun buku 2020;
  3. Memberikan masukan kepada Dewan Komisaris untuk penunjukan akuntan publik dan atau kantor akuntan publik yang akan mengaudit Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku 2021;
  4. Memberikan masukan kepada Dewan Komisaris mengenai pembentukan, prosedur, rencana kerja dan temuan Audit Internal.